Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Selasa, 11 Juni 2013

Siapa Sangka Bocah 9 Thn Ini Bisa Hampir Semua Bahasa Programmer


Su Lieyi, si bocah laki-laki dari Taian City, Propinsi Shandong, dilaporkan sangat mahir dalam beberapa bahasa pemrograman.

Ia telah membuat web pribadi, mengembangkan perangkat lunaknya, dan mencapai tingkat perguruan tinggi dengan autodidak, misalnya matematika, fisika, dan kimia.

Liu Xinxin, ibu Su Lieyi, dalam wawancara dengan surat kabar Qilu Evening News, bahwa Su memperlihatkan perhatian besar pada komputer sejak usia 7 tahun, ketika kali pertama diperkenalkan dengan komputer. Waktu itu, ia membelikan beberapa buku komputer tingkat dasar.

Dalam 2 tahun, Su menguasai lebih dari belasan bahasa pemrograman. Pada umur 8 tahun, ia belajar C language, FoxPro, VB, C, C++, Pascal, PHP, JAVA, dan ASP, tetapi belum bisa Python dan Perl.

Menurut Liu, Su memanfaatkan beberapa perangkat lunak gratisan yang didapat di internet untuk mengembangkan sistem operasional miliknya. Ketika sebuah forum moderator memberi Su sebuah microsoft recruitment assessment form untuk mengujinya. Ia memperoleh nilai hampir sempurna.

Su menyelesaikan website-nya sendiri dalam waktu kurang dari satu bulan. Ia bilang, 'Sebenarnya website adalah sebuah forum. Bertujuan memberitahu orang yang ingin berbagi ketertarikan yang sama dalam pemrograman.'

Sekarang Su belajar sendiri di rumah. Ibunya mengatakan bahwa saat usia 7 tahun, Su masuk kelas lima sekolah dasar untuk memperoleh pengenalan sekolah tetapi ternyata ia telah menguasai seluruh pengetahuan yang diajarkan di sekolah.

Ketika Su usia 8 tahun, ia masuk SMP. Ia dapat menjawab semua pertanyaan yang guru berikan. Sebuah kejutan bagi gurunya bahwa Su lulus ujian dengan nilai 100 untuk matematika dan nilai tinggi untuk bahasa Mandarin dan Inggris.

Liu kemudian memasukkan anaknya ke SMA. Bahan yang diajarkan di sekolah ini juga mudah bagi Su untuk dimengerti. Ia sering mendapat nilai 90 dibidang matematika dan ranking pertama dalam bidang fisika.

Saat ini Su mempelajari buku-buku tingkat perguruan tinggi seperti matematika lanjutan. Liu mengatakan, 'Ia tidak pernah membaca keseluruhan buku. Ia sering memeriksa halaman isi buku dan membaca salah satu yang ia merasa tertarik. Kemudian membacanya dengan cermat sampai sepenuhnya mengerti isinya.'

0 komentar:

Poskan Komentar