Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Jumat, 16 Agustus 2013

Cara Agar Tidur Berkualitas

Tidur malam yang baik, setidaknya 7 jam, adalah sebuah keharusan bagi tubuh kita. Dari segi kesehatan dan kebugaran, tidur malam yang baik dapat membantu kita tetap langsing dengan menjaga sensitivitas insulin. Hal ini juga mengurangi risiko flu dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres. Tidur malam yang baik juga meningkatkan memori dan kinerja otak.


Bagaimana agar dapat memperoleh tidur malam yang berkualitas? Simak tips berikut ini!

1. Matikan lampu atau kurangi tingkat pencahayaan di malam hari. Pencahayaan di malam hari bisa mengganggu produksi melatonin dan merusak kualitas tidur kita. Matikan semua lampu dan perangkat elektronik sehingga kita bisa tidur dengan tenang.
2. Jauhkan ponsel. Radiasi yang dipancarkan dari ponsel dapat meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai siklus tidur nyenyak dan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan dalam siklus. Sebuah penelitian kecil yang dilakukan tahun 2007, menemukan bahwa radiasi dari ponsel benar-benar bisa menyebabkan insomnia dan mengganggu kualitas tidur.
3. Buatlah kamar setenang mungkin. Kebisingan telah terbukti menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Banyak orang merasa sulit tertidur ketika orang berbicara keras atau ketika ada suara yang mengganggu. Bisa juga menggunakan tutup telinga sehingga suara tidak mengganggu tidur kita.
4. Tetapkan jadwal tidur dan tepati. Kita harus lebih disiplin untuk melakukannya, tak ada salahnya juga untuk mencoba untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Tubuh tidak akan mampu membangun ritme yang efektif, jika kita tidak membuat dan mematuhi pola.
5. Baca sesuatu yang ringan 15 menit sebelum tidur. Hindari membaca sesuatu yang berat dan bisa merangsang kita secara intelektual. Gunakan waktu tersebut untuk membaca bacaan yang ringan. Ini akan membuat kita rileks dan tidur nyenyak.
6. Kualitas kasur. Pastikan kualitas tidur dapat membuat kita tertidur lelap. Kasur dengan kondisi bersih dan berkualitas baik dapat mendukung kualitas tidur malam kita.

Ingat, jangan begadang tanpa alasan yang jelas. Tidur malam yang berkualitas dapat mempengaruhi produktivitas dan kebugaran kita.

0 komentar:

Poskan Komentar