Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Jumat, 16 Agustus 2013

(Foto) Rahasia Keluarga Firaun Terungkap Lewat Mumi Mereka

Tutankhamun adalah Raja Firaun Mesir yang terkenal walau masih muda. Ia sangat kaya dan selama ribuan tahun rahasianya serta keluarganya belum terungkap.

Lembah Para Raja,Kings Valley Luxor
Lembah Para Raja (Kings Valley) dekat kota Luxor, tempat Raja Tut dan kerabatnya dimakamkan

Makam Raja Firaun Tutankhamun
Ruangan makan Raja Firaun Tutankhamun

Namun, kini bukti DNA bisa mengungkapkan kebenaran tentang orang tua dan keluarga raja muda ini dan petunjuk-petunjuk baru tentang kematiannya yang terlalu dini.

Peti Mati Raja Firaun Tutankhamun
Ini peti mati yang menyimpan sisa mumi Raja Firaun Tutankhamun. Peti ini berbobot 110 kilogram dan terbuat dari emas padat.

Topeng pemakaman Raja Firaun Tutankhamun
Topeng pemakaman Raja Firaun Tutankhamun yang meninggal saat masih muda. Topeng ini terbuat dari emas dan batu mulia. Topeng ini disimpan di Museum Kairo, Mesir.

Dan inilah hasil identifikasi DNA dari mumi-mumi di Lembah Para Raja di Luxor.

1. Amenhotep III (Kakek Firaun Tutankhamun)
Amenhotep III (Kakek Raja Firaun Tutankhamun)
Amenhotep III yang muminya dapat dilihat di sektor KV35 diidentifikasi sebagai kakek Tutankhamun yang memerintah dalam kemegahan sekitar 3.400 tahun yang lalu. Muminya dikubur dengan barang-barang yang berlimpah. Jenazah Amenhotep III ditemukan pada tahun 1898, disembunyikan bersama lebih dari selusin bangsawan lainnya di KV35 dari para penjarah makam.

2. Tiye (Nenek Firaun Tutankhamun)
Tiye (Mumi nenek Raja Firaun Tutankhamun)
Diantara jasad yang disembunyikan di KV35 terdapat sesosok mumi yang dikenal sebagai Wanita Tua. Namun tes DNA berhasil mengidentifikasi wanita bangsawan yang cantik ini sebagai Tiye, istri Amenhotep III, putri Yuya dan Tuyu, suami-istri rakyat jelata yang ditemukan pada tahun 1905 di dalam makam mereka sendiri yang tak pernah terjamah. Sebagai nenek Tutankhamun, Tiye dibalsem dengan tangan kiri menekuk dada, sebagai pose pemakaman seorang Ratu.

3. Akhenaten (Ayah Raja Firaun Tutankhamun)
Akhenaten (mumi ayah raja Firaun Tutankhamun)
Identitas ayah Raja Firaun Tutankhamun lama menjadi misteri. Salah satu dugaannya adalah Firaun yang murtad bernama Akhenaten yang meninggalkan panteon negara untuk menyembah dewa tunggal. Pada tahun 1907 muminya ditemukan dalam keadaan yang sudah sangat membusuk di sektor KV55. tes DNA berhasil mengidentifikasi bahwa Akhenaten merupakan putra Amenhotep III dan Ratu Tiye dan merupakan ayah kandung Raja Firaun Tutankhamun.

4. Ibu Raja Firaun Tutankhamun
Ibu Raja Firaun Tutankhamun KV35YL
Mumi yang ditemukan di KV35YL ini diduga sebagai ibu Raja Firaun Tutankhamun yang juga merupakan saudara Akhenaten (ayah Tutankhamun). Hubungan perkawinan sedarah amat lazim di kalangan bangsawan Mesir Kuno. Sejarah mencatat, Akhenaten menikahi Nefertiti. Namun mumi ini teridentifikasi melalui tes DNA sebagai ibunda Tutankhamun yang juga merupakan salah satu dari 5 putri Amenhotep IiI. Suda pasti mumi ini bukan Nefertiti.

5. Raja Firaun Tutankhamun
Mumi Raja Firaun Tutankhamun
Sebagai keturunan dari hasil incest, Raja Firaun Tutankhamun terindentifikasi memiliki cacat bawaan dan penyakit tulang (perkawinan sesama saudara dan dengan sepupu memang bisa berakibat fatal), yang menyebabkan dirinya amat kesakitan saat berjalan. Bahkan salah satu lukisan dimakamnya, dia digambarkan memakai tongkat untuk membantunya berjalan. Di dalam makamnya pun juga ditemukan 130 tongkat (yang sebagian sudah rusak) yang diidentifikasi sebagai tongkat yang pernah dia gunakan untuk membantunya berjalan.

Perkawinan sedarah tersebut dipastikan menghasilkan cacat tersebut dan menyebabkan Tutankhamun tidak dapat memiliki ahli waris dengan istrinya. Namun cacat apapun yang diwarisi oleh Raja Firaun Tutankhamun ini, ia dianggap sebagai Firaun dengan citra yang cemerlang, hal ini bisa dilihat dari topeng pemakaman dari batu mulia dan emas yang oleh masyarakat Mesir Kuno dianggap sebagai daging para dewa.

silsilah keluarga Firaun Tutankhamun
Bagan silsilah keluarga Firaun yang diwarnai perkawinan sedarah

Walau ia mati dalam usia remaja dan kaki kirinya cacat (satu jari kaki tidak bertulang dan tulang di bagian belakang kakinya hancur akibat nekrosis) ia tetaplah merupakan Firaun yang paling menjadi primadona di mata para peneliti.
(National Geographic, The Sunday Times, Egyptian Dreams)

0 komentar:

Poskan Komentar