Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Rabu, 06 Mei 2009

Tips browsing saat menjelajah Internet dengan Firefox


Posted: 03 May 2009 04:09 AM PDT

Kau masih memakai Internet Explorer [IE] untuk membuka halaman situs Internet? Gantilah sekarang juga ke Mozilla Firefox. Selain gratis dan lebih cepat, Firefox juga memiliki sangat banyak kemudahan dan fitur bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips yang sering kupakai saat menjelajahi dunia web dengan Firefox.

Bila kau belum punya Firefox, unduhlah [download] aplikasi ini dalam versi terbaru dengan mengeklik banner di sisi kanan Blog Berita, lalu install ke komputermu.

Ada temanku bercerita, dia pernah melihat seseorang yang selalu mengetikkan alamat situs secara lengkap bila hendak membuka web. Misalnya dia ketikkan http://www.blogberita.net/ untuk membuka Blog Berita, lengkap dengan http:// dan www. Padahal seharusnya cukup dengan blogberita.net saja sudah bisa. Aku sendiri selalu membuka sebuah situs tanpa mengetikkan www di depannya, tapi cukup dengan misalnya kompas.com atau detik.com atau gmail.com atau yahoo.com. Bahkan sebenarnya kita boleh hanya mengetikkan kompas atau detik, pasti browser Firefox akan membawa kita ke halaman depan Kompas dan Detik; Firefox sudah akan langsung menambahkan akhiran com pada alamat tersebut, tapi tidak untuk net atau org dan akhiran domain lainnya.

Bila kau rutin mengakses situs-situs tertentu, sebagusnya alamat situs itu di-bookmark, jadi tinggal sekali klik saja tanpa harus perlu mengetikkan alamatnya lagi pada kolom URL browser. Untuk urusan bookmark ini Firefox punya satu fitur bagus yang kupakai, yaitu dengan mengelompokkan bookmark pada folder. Aku membuat beberapa folder pada Bookmarks Toolbar, seperti folder yang kunamai Blog, Koran, Video, WordPress, Fotografi, dll, lalu semua alamat situs langgananku kukelompokkan pada folder tersebut berdasarkan jenisnya.

Tiga add-on Firefox yang selalu kupakai

Dari sekian ribu fitur tambahan [add-on] gratis yang bisa dipasang pada Firefox, aku punya beberapa fitur favorit yang sangat membantu pekerjaanku sehari-hari saat online. Antara lain Webmail Notifier; aku bisa tahu kalau ada email yang baru masuk tanpa harus membuka semua emailku di GMail atau Yahoo. Ikon Webmail Notifier akan berbunyi dan memunculkan kotak pemberitahuan bila ada surat yang baru masuk pada tiga email yang kumiliki.

Lalu fitur Interclue. Dengan ini aku bisa melihat halaman web dari sebuah tautan [link] tanpa harus mengeklik tautan tersebut. Interclue akan memunculkan jendela kecil bila mouse diarahkan pada sebuah tautan untuk menampilkan isi tautan itu; jika memang perlu untuk mengunjungi langsung halaman tersebut, barulah aku mengekliknya. Fitur ini sangat membantu, karena aku tidak perlu harus membuka banyak tab yang tidak perlu.

BlogBerita.Net: Bila kau ingin mengirim artikel ini kepada teman lewat email-mu, Facebook, YM, GTalk, dll, klik tombol TELL A FRIEND di sudut kiri bawah artikel.

Yang ketiga, yang paling kusukai dari Firefox, adalah add-on Quick Drag. Fitur ini memungkinkan pengguna Firefox untuk mencari kata-kata tertentu di Google atau Yahoo hanya dengan menyorot kata tersebut lalu menariknya, maka otomatis akan terbuka tab baru Google atau Yahoo. Jika kita menarik sebuah foto, maka foto itu otomatis akan diunduh ke komputer. Efektif sekali, dan ini kupakai setiap online.

Oh ya, ini ada dua tips ringan lain yang sering kupakai saat browsing. Yaitu dengan menekan roda pada bagian tengah mouse untuk membuka tautan pada tab baru; jadi tidak lagi harus melakukan klik-kanan dan memilih Open Link in New Tab. Tips kedua: menekan dan menahan tombol Ctrl pada keyboard lalu diikuti menekan tombol + [tanda plus], yang berfungsi untuk memperbesar huruf tulisan pada sebuah halaman web. Sebaliknya untuk memperkecil, tekan Ctrl dan - [tanda minus].

Jangan lupa, semua add-on Firefox akan lebih tepat kaupasang pada komputer pribadimu di rumah, jangan misalnya pada komputer warnet atau kantor. Karena biasanya komputer publik dipasangi Deep Freeze, program yang mengunci sistem komputer, jadi percuma saja kau setting fitur-fitur tadi karena toh akan hilang setelah komputer di-restart.

Terutama add-on Webmail Notifier, jangan sesekali pasang kalau bukan pada komputer milikmu sendiri, karena itu artinya kau membiarkan orang lain untuk mengakses email-mu.

Sebenarnya masih ada beberapa add-on Firefox lain yang kupakai, tapi lain kali saja kuceritakan, jangan sampai artikel ini kepanjangan. Selain Firefox, ada aplikasi browsing yang juga gratis dan cepat, antara lain Google Chrome dan Opera. Tetapi aku pribadi tetap memilih Firefox karena fitur tambahannya [add-on] jauh lebih banyak dan bagus ketimbang add-on yang tersedia untuk kedua browser tersebut.

Bila kau punya tips atau pengalaman saat memakai Firefox, berbagilah lewat kolom komentar di bawah, supaya teman-teman kita yang lain bisa memanfaatkannya. [blogberita.net - Jarar Siahaan]

tafbutton blue16 Tips browsing saat menjelajah Internet dengan Firefox

0 komentar:

Posting Komentar