Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Rabu, 03 Maret 2010

Seleksi Kepala Sekolah akan Dilakukan untuk Penggabungan SD

Suasana belajar sebuah sekolah SD.JAKARTA--Kepala Bagian TK-SD dan Plt Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Novida, mengatakan, akan ada seleksi kepala sekolah dasar (SD) terkait rencana penggabungan (regrouping) 615 SD.

''Nanti akan ada seleksi kepala sekolah SD, berupa tes potensi dan melalui masukan dari teman-teman pengawas sekolah karena mereka yang tahu kinerja kepala sekolah selama ini,'' ujar Novida saat dihubungi Republika, Selasa (2/3).

Namun begitu, Novida mengaku tahap seleksi itu belum dilaksanakan. Dia menjelaskan, rencana penggabungan SD tersebut hanyalah untuk membuat efisien manajemen sekolah, dan tidak terkait dengan guru atau pun siswa. ''Ini hanya manajemen, dalam penggabungan ini tidak ada perubahan guru dan siswa,'' jelasnya.

Saat ditanya perihal sulitnya mengatur manajemen SD dengan jumlah murid yang sangat banyak, Novida mengaku kepala sekolah nantinya akan dibantu oleh dua wakil kepala sekolah. ''Tentu kami memikirkan itu, nanti ada wakil kepala sekolah yang akan bantu, misalnya dua wakil kepala sekolah, seperti halnya di SMA,” paparnya.

Lebih lanjut, Novida mengatakan, kriteria SD yang akan digabungkan adalah SD yang kompleks. Misalnya, satu lingkungan SD dengan beberapa SD, manajemennya yang akan digabungkan. ''Nanti dari beberapa kepala sekolah di lingkungan SD itu, hanya akan ada satu kepala sekolah,'' jelasnya.

Pihaknya, kata Novida, juga memikirkan tata usaha. Selama ini di SD tidak ada tata usaha. ''Ini yang akan kita upayakan, SD punya tata usaha dan didalamnya ada beberapa staf, ada wakil,'' ungkapnya.

Namun begitu, Novida mengakui belum ada sosialisasi secara resmi terkait rencana penggabungan SD di DKI tersebut, lantaran belum keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernus DKI. ''Secara resmi memang belum ada sosialisasi karena harus ada SK gubernur,'' tandasnya.

Redaksi - Reporter
Red: endro
Reporter: Annisa Mutia

0 komentar:

Poskan Komentar