Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Minggu, 15 November 2009

SBY Bantu Rp200 Juta untuk Kegiatan Ritual

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan bantuan dana sebesar Rp200juta untuk kegiatan ritual, yakni karya "Ngenteg Linggih dan Padudusan Agung" di Pura Bukit Mentik, Gunung Lebah, Desa Batur Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Wakil Ketua Panitia kegiatan ritual tersebut Dr I Ketut Murdjana di Desa Batur, Kintamani sekitar 60 km timur Denpasar, Senin, mengatakan, Presiden SBY memberikan sumbangan untuk kelancaran kegiatan ritual yang digelar umat Hindu setempat.

Kegiatan ritual berskala besar itu melibatkan seluruh lapisan masyarakat Hindu Desa Batur, Kintamani yang terdiri atas 700 kepala keluarga (KK) dengan menghabiskan dana sekitar Rp750 juta.

"Upacara tersebut dilaksanakan setiap 30 tahun sekali di Pura Bukit Mentik dengan rangkaian kegiatan dari awal hingga puncak acara berlangsung sebulan penuh, 20 September-20 Oktober 2009," tutur Ketut Murdjana.

Kegiatan ritual skala besar itu bertujuan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dunia beserta isinya terhindar dari bencana, serta selalu dilimpahkan kesuburan dalam bidang pertanian.

Terkait rangkaian upacara yang berlangsung selama sebulan itu, berbagai prosesi telah dilakukan hingga pada puncaknya nanti diantaranya, "mulang pakelem" dengan menenggelamkan tiga ekor kerbau.

Korban suci itu masing-masing untuk kawah Gunung Batur dua ekor dan Danau Batur seekor.

I Ketut Murdjana menjelaskan, selain dana bantuan dari presiden pihak panitia juga memperoleh bantuan dari sejumlah donatur di Bali yakni gubernur, bupati/walikota serta para dermawan.

Bantuan yang tidak kalah penting lainnya juga berasal dari panitia penyelenggaraan turnamen golf di Jakarta.

"Sementara sumbangan dari masyarakat Batur sebesar Rp350 juta atau setiap tiap kepala keluarga kena iuran Rp500.000," ujarnya.

I Ketut Murdjana menambahkan, pelaksanaan upacara akan dipimpin oleh tujuh "sulinggih" atau pendeta diantaranya Ida Pedanda Budha dari Griya Batuan Sukawati dan Ida Pedanda Putra Tembau dari Griya Aan , Kelungkung.

0 komentar:

Poskan Komentar