Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Kamis, 11 November 2010

Gayus Sulit Dimiskinkan karena Punya Bargain Position Tinggi


Jakarta - Gayus Tambunan dinilai tidak hanya memiliki uang berlimpah-limpah. Pegawai Dirjen Pajak golongan IIIA itu juga punya banyak sekali informasi soal kasus pajak. Karena itulah, Gayus bisa 'main mata' dengan polisi.

"Polisi kan punya kepentingan dengan Gayus karena di pikiran Gayus ini kan ada banyak sekali nama (yang terlibat)," kata Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM Zaenal Arifin Mochtar kepada detikcom, Kamis (11/11/2010).

Karena kepentingan itulah, Gayus dinilai memiliki bargain position (posisi tawar) yang tinggi dengan polisi. Jika Gayus tidak punya uang pun, pria yang kini menjadi tersangka kasus mafia pajak itu tetap akan diperlakukan istimewa oleh polisi.

"Urusan dengan Gayus ini tidak melulu soal uang, siapa saja yang punya kepentingan akan mendekati Gayus ini. Karena dia itu paling tahu segala informasi soal kasus itu," kata dosen Fakultas Hukum UGM itu.

Zaenal mengatakan, menutup seluruh akses keuangan Gayus sulit dilakukan. Namun bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. "Menutup pundi-pundi uangnya, itu sulit. Tapi upaya sterilisasi itu bolehlah dilakukan untuk mengurangi kemungkinan menyuap dengan uang," katanya.

"Namun kalau menurut saya, yang paling penting saat ini adalah membuat penanganan kasus Gayus ini lebih independen," kata Zaenal.

Bagaimana caranya, Zaenal memiliki dua solusi. Solusi pertama adalah dengan menyerahkan kasus itu kepada KPK. Sedang solusi yang lain, dengan memberi kewenangan kepada Satgas Pemberantasan Mafia Hukum untuk masuk dalam penanganan kasus Gayus.

"Kalau diambil alih KPK, itu relatif gampang. Tapi kalau solusi kedua, itu memang jadi agak ribet karena Presiden minimal harus merevisi Keppres-nya dan memperlebar kewenangan Satgas. Tapi walaupun ribet, bukan berarti tidak bisa dilakukan, tinggal mau atau tidak," ujar Zaenal.

Meski berstatus tahanan, Gayus disebut-sebut sangat bebas keluar masuk tahanan. Perlakuan istimewa itu konon diperoleh bapak tiga anak itu karena menyuap kepada Kepala Rutan Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Kabarnya, Gayus pun keluar sel setiap minggu.

0 komentar:

Poskan Komentar