Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Kamis, 19 April 2012

Manfaat Buku Anak Bagi si Kecil

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang kiat memilih buku anak. Demi melengkapi tulisan tersebut, saya merasa perlu untuk membuat tulisan lain tentang manfaat buku anak bagi si kecil. Dengan mengetahui manfaat-manfaat itu, tentu kita sebagai orangtua akan semakin paham kenapa sebaiknya kita tidak sembarangan dalam memilih buku anak untuk buah hati tercinta. Berikut hasil perenungan saya.

Menanamkan kebiasaan “senang membaca”

Kebiasaan senang membaca perlu ditanamkan kepada anak-anak sedari dini. Ini penting sebagai bekal mereka dalam menghadapi ketatnya persaingan di zaman global. Untuk menanamkan kebiasaan itu, maka kita perlu menghadirkan buku yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan berpikir si kecil. Buku itulah yang selanjutnya kita sebut dengan buku anak.

Memperluas wawasan dan pengetahuan

Alangkah bahagianya bila buah hati kita tumbuh cerdas dan berpengetahuan luas. Tentu kita akan bangga luar biasa ketika si kecil menunjukkan kedalaman wawasannya dalam kelas PAUD atau TK yang ia ikuti. Ya, bila orangtua rajin mengajak buah hatinya membaca buku anak, maka secara otomatis pengetahuan si kecil akan bertambah. Buku anak memang merupakan salah satu sarana terbaik dalam mentransfer pengetahuan umum kepada sang buah hati.

Membentuk karakter mulia

Pilihan buku yang tepat bisa memberi pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan pribadi positif anak. Misalnya, dengan rajin membacakan dongeng-dongeng yang sarat dengan pesan-pesan bijak kepada si kecil, maka sang buah hati bisa memetik pelajaran yang sangat berharga dari cerita tersebut. Pelajaran itu akan tertanam dalam benaknya dan akan selalu ia ingat hingga dewasa nanti.

Demikian manfaat-manfaat buku anak bagi si kecil yang bisa saya share di sini. Pembaca dipersilakan untuk mengkritisi atau mungkin menambahkan informasi yang berguna sehingga tulisan ini semakin lengkap dan berguna bagi sesama pembaca. Terima kasih banyak!

0 komentar:

Poskan Komentar