Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Kamis, 22 November 2012

Ayo Cegah Kanker Payudara dengan Tidak Menyimpan Ponsel di Bra!


Jakarta, Bra atau lengkapnya brassierememang tidak didesain sebagai tempat penyimpanan ponsel. Banyak risikonya jika ponsel ditaruh satu tempat dengan payudara, mulai dari rasa tak nyaman hingga yang terburuk yakni risiko kanker payudara.

Hubungan antara ponsel dengan risiko kanker payudara sudah mencuat sejak beberapa tahun lalu, khususnya terkait dengan radiasi gelombang elektromagnetiknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa radiasi ponsel bisa memicu mutasi genetik pada payudara lalu menjadi kanker.

Berbagai penelitian yang dilakukan selama ini menunjukkan hasil yang bervariasi sehingga belum bisa diambil satu kesimpulan pasti. Sama halnya dengan hubungan antara radiasi ponsel dengan tumor otak yang kesimpulannya sampai sekarang masih simpang siur.

Meski demikian, beberapa ahli sepakat untuk menganjurkan kewaspadaan terkait risiko kanker payudara. Ketika sudah ada satu saja penelitian yang membuktikan adanya pengaruh radiasi ponsel, maka tidak ada salahnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sampai ada data lebih lanjut yang menyatakan hal itu benar atau salah, saya pilih menjauhkan ponsel dari tubuh saya khususnya payudara," kata Dr June Chen, seorang ahli radiologi di bidang kanker payudara, seperti dikutip dari Wtvr, Rabu (21/11/2012).

Langkah yang diambil Dr Chen sejalan dengan anjuran beberapa perusahaan ponsel untuk tidak terlalu dekat meletakkan produknya dengan tubuh pengguna. Dalam buku petunjuk pemakaian iPhone misalnya, dianjurkan untuk memberi jarak 10 mm dari tubuh saat menggunakan ponsel.

Cara lain yang dianjurkan oleh para ahli adalah dengan tidak menyimpan ponsel di dalam bra. Anjuran ini tidak berlebihan atau mengada-ada, sebab di beberapa negara mulai marak dipasarkan bra dengan desain kantong kecil sebagai tempat untuk menyimpan ponsel.

Memang ada beberapa keuntungan saat meletakkan ponsel dekat dengan payudara. Selain lebih aman karena mungkin para jambret lebih banyak mengincar ponsel di tas dan kantong celana, temperatur payudara yang lebih hangat juga bisa membuat baterai lebih awet.

"Sesederhana itu dan mungkin bisa menyelamatkan diri dari mastektomi, kemoterapi. Mudah dilakukan, jadi kenapa harus ambil risiko?" kata Dr John West, seorang dokter spesialis kanker payudara yang juga memilih untuk tidak mengantongi ponsel di saku bajunya.

0 komentar:

Poskan Komentar