Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Kamis, 10 Desember 2009

357 Lowongan Kerja di Job Fair DKI

BERITAJAKARTA.COM — 10-12-2009 15:33 Untuk mempermudah masyarakat dalam mencari lapangan kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta, pada tanggal 15 – 16 Desember akan menggelar pameran bursa kerja (Job Fair ). Sebanyak 357 lowongan kerja akan disediakan oleh 43 perusahaan peserta Job Fair yang akan digelar di Blok G, Lantai II, Gedung Thamrin City, Tanahabang, Jakarta Pusat.

“Bursa kerja ini terbuka untuk umum bagi para pencari kerja dari kawasan Jabodetabek,” ujar Mara Oloan Siregar, Asisten Perekonomian dan Adminitrasi, Pemprov Provinsi DKI Jakarta, Kamis (10/12).

Selain mengadakan bursa lowongan kerja, pihaknya juga akan memberikan pelayanan pembuatan kartu kuning gratis bagi para pencari kerja. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pada pencari kerja. Bahkan ia melarang setiap perusahaan yang melakukan rekrutmen memungut biaya bagi para pelamar.

Job fair, selain untuk mempertemukan para pencarai kerja dengan pengguna tenaga kerja, juga bertujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran di Jakarta serta mengakomodir para lulusan Balai Latihan Kerja di Jakarta.

Berdasarkan data yang dimiliki Disnakertrans DKI, jumlah pengangguran di Jakarta pada tahun 2008 telah mencapai 580.511 orang. Jumlah tersebut terus mengalami penurunan hingga sebesar 1,76 persen atau menjadi 569.340 orang. “Kami berharap upaya ini bisa menjadi sarana bagi mereka yang memerlukan,” katanya.

Para pencari kerja yang diterima nantinya akan ditempatkan sesuai dengan bidangnya di masing-masing. Adapun perusahaan yang mengikuti bursa ini adalah yang bergerak di otomotif, perkapalan, kelistrikan, komputerisasi, mesin dan sebagainya.

Dengan dibukanya bursa kerja ini, diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Jakarta. Saat ini diketahui pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen dapat menciptakan 63.120 lapangan kerja. Sedangkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen dapat menciptakan 70.240 lowongan pekerjaan.

Sekretaris Disnakertrans DKI Jakarta, M. Subagiyono mengatakan, penyelenggaraan bursa kerja ini merupakan kerjasama Disnakertrans dengan Job Plaza dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Bursa kerja ini juga bertujuan untuk menyerap lulusan dari BLK yang cenderung mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

Subagiyono juga menyebutkan, saat ini terdapat 4.414 lulusan BLK. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.485 lulusan sudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan sisanya 2.929 lulusan masih belum terserap. Karena itu, bursa kerja ini diharapkan mampu menyerap tenaga dari lulusan BLK yang umumnya telah dibekali keterampilan. “Mereka merupakan para lulusan yang memiliki keterampilan,” tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar