Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Sabtu, 03 Oktober 2009

Minuman Suplemen, Apa Benar Bikin Bugar?

Zaman mudik seperti sekarang ini, satu hal yang juga sering sekali kita dengar adalah penganjuran untuk mengonsumsi minuman suplemen. Ini supaya kita bisa tetap bugar selama dalam perjalanan mudik ataupun balik lagi. Jumlah minuman suplemen pun sangat banyak di pasaran.

Untuk itu kita perlu tahu ada apa dalam minuman suplemen tersebut. Apa efektif mengonsumsi minuman jenis ini? Apakah mempunyai efek sampingan bila dikonsumsi secara teratur?

Sebaiknya minuman seperti itu tidak dikonsumsi secara teratur. Sebabnya sangat jelas, karena untuk membuat badan terasa segar, minuman-minuman itu biasanya ditambah kandungan seperti kafein, dan kandungan lainnya. Kafein, yang seperti ada kopi tidak bagus untuk kesehatan. Selain itu produk-produk minuman itu juga biasanya mengandung pemanis atau pewarna buatan. Jadi, meskipun minumnya hanya sedikit, lama-kelamaan bahan kimia tersebut bisa diakumulasikan terus di dalam tubuh.

Asal tahu saja, ibu-ibu hamil tidak diperkenankan mengomsumsi minuman suplemen karena berisiko terhadap janin. Hal yang juga sama berlaku untuk anak-anak. Minuman suplemen memang ditujukan untuk dewasa. Orang dewasa digolongkan sebagai manusia superaktif hingga membutuhkan minuman ataupun makanan suplemen. Kandungan minuman suplemen umumnya berupa vitamin B, taurine, inostol, caffeine, calcium pantothenate, nicotinamide, pengawet natrium, karbonat, dan tartrazine.

Kalau ingin sehat dan tetap semangat, mungkin sudah saatnya kita tidak usah memakai tambahan suplemen seperti itu. Yang penting hidup teratur, makan bergizi, istirahat cukup dan berolahraga, dan yang penting juga minum air bening yang cukup.

Kalau memang kira-kira butuh suplemen atau vitamin, cari yang memang tak ada bahan kimia alias yang alami. Jus mungkin bisa jadi pilihan bagi kita. (sa/berbagaisumber)

0 komentar:

Posting Komentar