Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Rabu, 24 Februari 2010

45 Jurus Ampuh Kembangkan Bisnis

USAHA baru banyak yang dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru. Bila seseorang kreatif dan inovatif, pasti banyak hal baru dan unik yang dapat diciptakan. Meskipun suatu temuan bukanlah gagasan asli kita, tetapi apabila kita mampu mengemasnya dengan baik, unik dan layak di jual di pasar hal tersebut sudah menjadi suatu terobosan menuju kesuksesan berwirausaha.
Salah satu contohnya adalah kisah sukses pengusaha Es Teler 77 yang hingga saat ini telah membuka waralaba hingga Australia, Singapura, dan Malaysia. Usaha tersebut merupakan usaha waralaba nasional pertama yang mengangkat es teler yang tergolong unik dan kini terbukti sukses. Selain tips tersebut, masih terdapat belasan tips lain, mulai bagaimana memilih lokasi hingga membeli usaha yang tengah sekarat. Tips-tips tersebut dapat dijadikan salah satu kiat bagi pembaca yang ingin meraih kesuksesan dalam karier dan usahanya.

Buku ini merupakan bacaan populer bagi kalangan umum yang tertarik pada dunia bisnis. Ditulis dengan ringan dan menarik, buku yang mengambil judul 45 Kisah Bisnis Top Pilihan ini menampilkan sejarah dan kisah sukses para pelaku bisnis yang memulai kariernya dari nol hingga sukses dan terkenal. Alat-alat medis yang banyak beredar di pasaran Asia termasuk Indonesia seperti alat tes tekanan darah, alat uji gula darah atau bahkan alat pijat elektronik kini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tetapi banyak yang tidak tahu kalau merek Osim yang memproduksi alat-alat tersebut didirikan oleh seorang pria Singapura bernama Ron Sim yang memulai kariernya sebagai pedagang. Kini Osim telah menjadi merek nomor satu dalam produk gaya hidup sehat di Singapura dan Taiwan, sementara AC Nielsen menempatkannya sebagai merek nomor satu di Hong Kong dan Malaysia.

Dalam buku ini pembaca dapat mengikuti kisah awal perjalanan dari perusahaan ini. Ada pula kisah Dell Inc. yang meraih sukses di pasaran melalui bisnis komputer rakitan. Michael Dell memberikan sentuhan kreativitas dengan memberikan fasilitas tambahan, yaitu menjual komputer langsung tanpa perantara. Kini perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan komputer terbesar karena kreativitasnya. Banyak orang yang mengenal merek-merek terkenal namun tidak tahu siapa tokoh di belakangnya, dan bagaimana cara mereka memperoleh kesuksesan yang tentu saja tidak datang begitu saja. Sebaliknya, kesuksesan juga bukanlah hal yang tidak mungkin.

Penulis Ari Satriyo Wibowo mengajak pembacanya mengenal tokoh-tokoh yang mencapai kesuksesannya, mengenal bagaimana mereka mulai merintis usahanya, sekaligus menumbuhkan semangat can do attitude. Siapa pun dapat menjadi orang sukses apabila ia memiliki kemauan yang kuat. Buku ini menampilkan cara-cara cerdik bagaimana memulai usaha, memenangkan persaingan, memanfaatkan peluang bisnis, serta melayani pelanggan, dengan disertai berbagai contoh usaha-usaha terkenal yang telah sukses. Dikisahkan bagaimana inovasi yang dilakukan pengusaha Factory Outlet, Perry Tristanto di Bandung dalam mempertahankan usahanya agar tetap eksis, bagaimana pengusaha Taksi Blue Bird Mutiara Djokosoetono mempertahankan reputasinya, ataupun cara-cara perusahaan besar seperti Coca-cola dan Danone memenangkan persaingan dengan cara memborong merek.

Memberikan komentar atas buku ini, Chairman Departement Marketing Prasetya Mulya Business School Agus W Soehadi mengatakan, ''Suatu buku yang menarik untuk dibaca khususnya bagi mereka yang banyak berkecimpung dalam dunia bisnis. Buku ini memberikan nuansa yang berbeda karena diangkat dari kasus riil yang terjadi di dunia bisnis. Ari Satriyo Wibowo berhasil memotret cara-cara cerdik yang dilakukan oleh 45 perusahaan unggulan baik dalam memulai suatu bisnis, memanfaatkan peluang bisnis dan memenangkan persaingan bisnis.'' Intan Juita

Sumber: Media Indonesia (Selasa, 18 Januari 2005) OPINI

0 komentar:

Poskan Komentar