Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Senin, 22 Februari 2010

Kuota Sertifikasi Guru Pandeglang 468 Orang

Guru/ilustrasi. (ANTARA/Ismar Patrizki)Pandeglang (ANTARA News) - Kuota sertifikasi guru daerah pada 2010 sekitar 468 orang, atau sama dengan jatah tahun lalu, kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Ahmad Yani.

"Jumlah pastinya belum ada, namun berdasarkan informasi yang kita peroleh sama dengan 2009," katanya ketika dikonfirmasi di Pandeglang, Minggu.

Menurut dia, hingga saat ini jumlah guru yang telah sertifikasi di daerah itu sekitar 2.500 orang, dari total tenaga pengajar Taman Kanak-Kanak (TK), SD, SMP dan SMA/sederjat di daerah itu sekitar 12 ribu orang.

Ia juga berharap, agar sertifikasi bagi para guru terus dilakukan sehingga ke depan semua pengajar TK, SD, SLTP dan SMA serta SMK telah bersertifikasi dan memperoleh tunjangan.

"Bagi guru yang telah sertifikasi diberikan tunjangan sehingga mereka memiliki pendapatan cukup, karena itulah kita harapkan ke depan seluruh guru mempunyai sertifikasi itu," ujarnya.

Sertifikasi guru, kata dia, merupakan proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang bertugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan.

Sertifikasi bagi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui dua cara yakni Uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik, dalam bentuk penilaian portopolio dan pemberian sertifikat pendidik secara langsung.

"Portopolio merupakan penilaian kumpulan dokumen yang mencerminkan rekam jejak prestasi guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan agen pembelajaran, sebagai dasar untuk menentukan tingkat profesionalitas guru yang bersangkutan," katanya.

Sesuai dengan PP No. 74 tahun 2008, yang menjadi komponen portopolio di antaranya kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dari atasan dan pengawas, prestasi akademik.

Komponen lainnya, yakni karya pengembangan profesi, keikutsertaan dalam forum ilmiah, pengalaman organisasi di bidang pendidikan dan sosial serta penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan. (S031/K0040
COPYRIGHT © 2010

0 komentar:

Poskan Komentar