Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Senin, 06 Juli 2009

Facebook Isteri Calon Pimpinan MI6 Bikin Heboh Inggris


Meski beberapa tahun belakangan ini badan intelijen Inggris sudah lebih terbuka pada publik, kerja intelijen yang identik dengan hal-hal yang sangat rahasia mengharuskan para agen intelejen Inggris untuk mematuhi aturan-aturan yang diberlakukan secara ketat, terutama menyangkut jati diri agen bersangkutan.

Tapi kiprah isteri Sir John Sawers yang bernama Lady Shelley Sawers membuat para pakar keamanan di Inggris syok, bahkan sampai mendesak agar Shelley dimintai keterangan. Semuanya berawal ketika media massa di Inggris menulis berita tentang account facebool Shelley yang memuat foto-foto suami, keluarga dan teman-temannya berikut informasi dimana Shelley keluarga tinggal, di situs jejaring sosial itu dan semua informasi tersebut bisa diakses seluruh pengguna facebook.

Masalah ini mungkin tidak jadi besar, kalau saja Shelley bukan publik figur. Pasalnya, suami Shelley, Sir John Sawers adalah orang yang ditunjuk untuk memimpin MI6, badan intelijen Inggris yang kondang itu dan akan serah terima jabatan dengan pejabat lama bulan November mendatang.

Otoritas berwenang di Inggris langsung menghapus account facebook Shelley setelah beberapa surat kabar ramai memberitakan "sepak terjang" Shelley di facebook. Tapi para pakar keamanan di Inggris menyatakan mereka tetap syok melihat apa yang dilakukan Shelley.

Direktur Buckingham University Centre for Security and Intelligence Studies, Profesor Anthony Gless mengatakan bahwa apa yang dilakukan Shelley bisa menimbulkan dampak keamanan yang serius dan akan menelan biaya yang sangat besar untuk memulihkannya.

"Anak-anak mereka (Shelley) sekarang mungkin membutuhkan penjagaan keamanan ekstra dan keluarga itu kemungkinan perlu pindah rumah," kata Gless.

Masalahnya, buka cuma keamanan keluarga pimpinan M16, tapi tindakan Shelley dianggap menjadi pukulan yang memalukan bagi pemerintahan Perdana Menteri Gordon Brown, karena kurang dua minggu lalu, Brown baru saja meluncurkan apa yang disebut sebagai strategi keamanan cyber nasional.

Surat kabar Mail edisi hari Minggu menyebutkan, informasi yang muat Shelley secara terbuka di situs jejaring sosial facebook dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh kekuatan-kekuatan asing yang menjadi pesaing negara Inggris bahkan oleh kelompok teroris.

Sejumlah pejabat pemerintahan di Inggris sudah mendesak pemerintah agar mengusut kasus ini, terutama kalangan yang meragukan kemampuan Sawers untuk memimpin M16. Tapi Menlu Inggris David Miliband tidak menanggapi desakan itu. Ia tetap mendukung Sawers dan menganggap tindakan isteri Sawers tidak menyalahi aturan. "Demi Tuhan, dewasalah sedikit," kata Miliband seperti dikutip BBC. (ln/aljz)

0 komentar:

Posting Komentar