Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Sabtu, 08 Agustus 2009

Panduan lengkap jadi blogger anonim

ngeblog anonim Panduan lengkap jadi blogger anonimTips dan trik ngeblog anonim ini disarikan dari dua sumber yang kredibel, bukan dari “situs jahat”. Panduan menjadi blogger anonim ditulis untuk dipergunakan tidak dalam rangka merugikan pihak lain. Sepintar apapun penjahat, pasti meninggalkan jejak, begitu bunyi “hukum polisi”. Jadi sekali lagi, mengutip slogan Google: Don’t be evil! Kalau bisa berbuat baik, jangan jadi penjahat.

Ada banyak sekali situs dan forum di jejaring maya yang menyediakan informasi bagaimana cara untuk membuat situs secara anonim [tanpa identitas asli]. Blog Berita hanya memilih dua di antaranya, yaitu:

EFF adalah organisasi independen yang banyak dirujuk blogger dunia dan portal berita berbagai negara terutama dalam hal kebebasan berpendapat di Internet. EFF juga menyusun kode etik blogger. Sedangkan Global Voices Advocacy secara khusus memperjuangkan kerahasiaan atau privasi pengguna Internet. Baik EFF maupun Global sama-sama berupaya agar “tidak ada sensor” di jaringan Internet. Keduanya dikelola oleh blogger dan para aktivis; mereka juga sering mendapat donasi atau bantuan dana dari perusahaan-perusahaan besar, karena usaha mereka dinilai patut didukung.

Berikut “Panduan lengkap menjadi blogger anonim” yang disarikan dari kedua organisasi tersebut, dengan penjelasan tambahan berupa opini/ulasan pribadi dari Blog Berita. Bisa jadi beberapa item dari panduan ngeblog anonim ini telah diterapkan oleh si pembuat blog Noordin M Top.

eff electronic frontier banner logo Panduan lengkap jadi blogger anonim

10 Tips dan trik ngeblog anonim

1. Jangan buat situs dengan hosting berbayar, tapi pakailah blog gratisan. Karena kalau membeli hosting berarti akan ada transaksi uang yang kaulakukan dengan perusahaan penyedia hosting, dan ini artinya kau meninggalkan jejak.

2. Pakai blog gratis yang total 100 persen anonim. Membuat situs blog gratis di Blogspot.com, WordPress.com, Multiply.com, dan sejenisnya, tidak berarti privasimu 100 persen terjaga. Jika misalnya pemerintah Amerika Serikat, dengan alasan keamanan negara, meminta pihak Blogspot memberikan data dan akses ke admin blog anonim, maka rekam-jejakmu akan diketahui untuk ditelusuri lebih jauh.

EFF merekomendasikan satu situs penyedia blog gratis yang benar-benar 100 persen anonim, bahkan pihak pengelola situs tidak bisa mengakses admin blogmu. Alamatnya di Invisiblog.com — tapi kucek tadi layanan ini tidak bisa dikunjungi.

3. Daftarkan blog dengan email baru dan palsu. Buat satu email khusus yang baru dengan username aneh, jangan memakai kata atau istilah bermakna. Contoh: lebih baik membuat email z8r7×9d6@yahoo.com ketimbang laskarlangit@yahoo.com. Pakai password yang kuat, setidaknya 10 karakter dengan memadukan huruf, angka, dan simbol [lihat Cara membuat password yang kuat dengan Firefox].

Baru-baru ini Blog Berita menulis 10 layanan email unik gratis yang bisa sekali pakai — dapat disetel dalam tempo 30 menit atau sekian jam alamat email tersebut akan otomatis terhapus.

4. Ngeblog dari komputer umum yang jauh dari lokasi tinggalmu. Misalnya dari warung Internet. Jangan memakai komputer pribadimu. Bila kau tinggal di Jakarta, maka akan lebih baik bila ngeblognya dari warnet di Semarang misalnya.

blogger anonim Panduan lengkap jadi blogger anonim5. Sembunyikan alamat komputer/IP address. Yaitu dengan memakai layanan proxy gratis, seperti dari situs Anonymizer.com dll. Juga bisa dengan memasang Tor ke komputer. Teknik ini akan mengganti IP address komputermu. Pakai layanan ini setiap mengakses akun email dan admin blogmu.

6. Jangan pakai Internet Explorer, tapi Firefox. Global Voices Advocacy mengatakan, IE yang dibundel dengan Windows memiliki banyak celah keamanan. Aplikasi peramban yang direkomendasikan adalah Firefox — baca ulasan dan unduh Firefox versi terbaru.

7. Hindari Google dan mesin pencari. Tips dari EFF, setel blogmu agar tidak diindeks mesin pencari. Blog yang memakai software WordPress dan Blogger [Blogspot.com] memiliki fitur ini.

8. Tulis draf artikel secara offline. Jangan tulis artikelmu saat tersambung ke Internet. Siapkan lebih dulu tulisan, barulah bawa ke warnet.

9. Atur waktu penerbitan beberapa jam atau hari ke depan. Sehingga ketika tombol Publish/Terbitkan ditekan, artikel tersebut belum muncul di blogmu; menunggu sampai pada waktu yang disetel tadi.

10. Hapus data dari peramban Firefox. Bisa disetel dari Tools - Options pada aplikasi Firefox, untuk menghapus jejak seperti browser history, cookies, dan password. Firefox versi terbaru 3.5 memiliki fitur private browsing, ini cara yang lebih simpel.

EFF & Global Voices Advocacy: Jika tidak perlu, jangan anonim

CATATAN PENTING: Electronic Frontier Foundation dan Global Voices Advocacy tidak memberikan garansi atas tips yang tertera di atas. Global juga menulis, “Kalau kau tidak benar-benar butuh untuk ngeblog anonim, jangan lakukan.”

Blog Berita juga tidak menjamin bahwa dengan melakukan langkah-langkah tersebut berarti upayamu membuat website atau weblog secara anonim tidak akan terungkap. Segala risiko ditanggung sendiri. Komputer dan Internet selalu memiliki celah; hacker dan pakar jaringan Internet juga memiliki keterampilan untuk menelisiknya.

Secara pribadi aku tetap menyarankan sebisa mungkin hindari ngeblog anonim, meskipun hal itu tidak melanggar hukum, kecuali untuk kasus dan alasan tertentu — baca selengkapnya dalam artikel Polisi ngeblog anonim ketahuan.

0 komentar:

Posting Komentar