Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Kamis, 19 Agustus 2010

Menjadi Guru Berprestasi

Ukuran Guru berprestasi sebenarnya adalah seberapa jauh siswa respek dan suka terhadap kita, 7 tipe dibawah ini mungkin membantu anda untuk lebih memahami diri Anda dan siswa anda dikelas, yaitu:

1. Menghormati siswa dan tidak membuat mereka runtuh mentalnya dengan perkataan yang negatif dan memojokkan.

2. Melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan. Tentunya anda punya hak perogratif sebagai guru, namun melibatkan mereka boleh juga sebagai cara untuk membagi kewenangan dan mempermudah tugas anda dalam mengendalikan mereka dikelas.

3. Mendengarkan mereka saat mereka berbicara pada anda. Tidak berteriak marah jika mereka berbuat sesuatu yang mungkin menurut anda adalah sebuah kesalahan.

4. Adil, mudah diajak berkomunikasi, selalu ada saat mereka membutuhkan, selalu mendukung.

5. Saat mengajar tidak tegang, dan melakukan pembelajaran yang menyenangkan dengan berbagai macam cara dan metode.

6. Jelas, saat menerangkan sesuatu dikelas kepada mereka, artinya memang tidak mudah berbicara dalam bahasa mereka. Namun ketahuilah lebih berat untuk mereka untuk memahami anda dibandingkan sebaliknya.

7. Jangan menyerah terhadap mereka. Ada banyak film yang menjelaska menganai hal ini salah satunya film Dangerous Minds. Mudah-mudahan anda pernah menontonnya.

Disamping itu, coba amati diri Anda:

Seberapa sering Anda diajak bekerja oleh Dinas Pendidikan, Pemda, Pusat Kurikulum, Balitbang, Depdiknas, atau lembaga lain di Indonesia bahkan di luar negeri …

Jika Anda sudah terbiasa berkiprah di berbagai arena dan memenuhi 7 kriteria di atas … luruskan niat, bahwa Anda ikut pemilihan guru berprestasi untuk kebaikan pendidikan anak negeri … tak perlu berambisi terlalu tinggi … karena tak baik untuk hormon diri Anda … Selamat berjuang saudaraku

Dedi Dwitagama
Sebelumnya: Sumber Segala Dosa
Selanjutnya : Mengisi Blog yang Telah Dibuat

0 komentar:

Poskan Komentar