Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Minggu, 21 Juni 2009

Andrinof: Secara Finansial Tak Ada Lembaga Survei yang Independen


Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid akan menyomasi Direktur Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakri yang mengatakan bahwa semua lembaga survei di Indonesia tidak independen.

Ketua Perhimpunan Survei Opini Publik yang juga Direktur Lembaga Survei Cirus, Andrinof Chaniago justru tidak ada masalah sama sekali dengan pernyataan tersebut.


"Saya yakin tidak ada satupun lembaga survei apapun baik pemerintah yang independen secara finansial. Pernyataan itu penyataan yang mewakili lembaga survei dimana pun, itu ada dimana-mana," ujar Ketua Perhimpunan Survei Opini Publik, Andrinof Chaniago, Selasa (16/6).


Dikatakan dia, tidak ada lembaga survei yang tidak dibiayai oleh pihak lain. Meskipun sedikit, tapi tetap ada pihak yang membantu pendanaan survei.


Andrinof menambahkan survei yang dilakukan secara mandiri biasanya merupakan survei kecil-kecilan, seperti survei pilkada.


"Tapi kalau untuk survei secara nasional, tidak," jelasnya.


Andrinof meminta agar ada pembedaan antara independen secara politik dengan independen secara finansial.


"Kalau independen secara politik tidak bisa digeneralisasi, yang bisa digeneralisasi adalah independen secara finansial. Dimungkinkan ada lembaga survei yang tidak independen secara politik, dan jika ada temuan, publik berhak minta penjelasan dan lembaga survei harus siap dengan pertanggung jawaban metodologinya," imbuhnya.


Yang dimaksud dengan pertanggung jawaban metodologi yaitu sistem kerja harus sesuai dengan etika survei, yaitu tidak boleh mengubah data, tidak menggunakan deskripsi data yang sudah di-setting, dan tahap-tahap kerja juga harus dilakukan secara ilmiah.


Andrinof mengakui dalam melakukan survei pernah bekerja sama dengan BPOM, bahkan ada juga survei yang dibiayai oleh perorangan. Meskipun demikian, Andrinof memastikan hasilnya tetap bisa dipertanggung jawabkan.


Sementara mengenai somasi yang kabarnya akan dilayangkan oleh Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husin Yazid kepada Direktur Lembaga Survei Nasional (LSN), Umar Bakri, Andrinof mengatakan tidak ada masalah sengan pernyataan tersebut.


"Itu mungkin pendapat Pak Yazid, kalau saya tidak ada masalah sama sekali," tandasnya. (dtk/mj/www.suara-islam.com)

0 komentar:

Posting Komentar