Today :

Not found what you looking for?:

Diposting oleh PUTRA BETAWI

Published on Selasa, 23 Juni 2009

Ribuan Sekuleris Turki Kembali Berdemonstrasi


Ribuan sekuleris Turki berdemonstrasi secara besar-besaran di kota Izmir, kota terbesar di wilayah Aegean (Barat Turki) untuk menyatakann keteguhan dukungannya terhadap sistem sekulerisme dan nasionalisme negeri itu.

Demonstrasi tersebut digelar menyusul kunjungan bersejarah PM Turki Recep Tayep Erdogan ke Yunani untuk misi berobat atas penyakit tekanan darah tingginya. Sebagaimana diketahui, Yunani adalah negara tetangga sekaligus seteru bebuyutan Turki.

Beberapa demonstran yang berpusat di bundaran Gundugund, Izmir, tampak membawa dan mengacung-acungkan poster bertuliskan "Turki Sekuler dan Akan Terus Sekuler". Selain di Izmir, aksi unjuk rasa ini juga digelar di dua kota besar Turki lainnya, yaitu Ankara dan Istanbul. Di Ankara, aksi berpusat di kompleks musoleum Mustafa Kemal Ataturk, bapak republkk Turki modern.

Sejak tahun 2007 silam, gelombang demonstrasi yang dilakukan kubu sekuleris kerap meledak di Turki dalam sekala yang terbilang besar. Mereka kerap menentang pemerintahan Turki yang sejak 2002 silam dinahkodai oleh Erdogan dan kawan-kawannya dari Partai Keadilan dan Pembangunan yang berhaluan Islamis. (L2/db)

0 komentar:

Posting Komentar