Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Rabu, 20 April 2011

Cucu Tokoh Islam Juara Nasional Teknologi di AS


Jakarta (SI ONLINE) - Cucu tokoh Islam Indonesia dan Ketua Umum Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI), Ahmad Sumargono, Muhammad Al Fatih Ridha, berhasil menjadi juara nasional Science Technology Engineering Math (STEM) Video Game Challenge 2010 di AS.

Kompetisi Desain dan Programming Video Game itu diinspirasi Presiden Barack Obama, sehingga dalam waktu akan diterima Presiden Barack Obama di Gedung Putih bersama ke 11 finalis lainnya.

Kepada Suara Islam Online, Ahmad Sumargono mengakui cucunya yang sekarang berusia 12 tahun ini memang kelahiran AS mengikuti ayahnya, Muhammad Ridha, yang juga anak sulungnya sewaktu mengambil program doktor di bidang komputer. Karena kelahiran AS, Muhammad Al Fatih sudah sulit berbahasa Indonesia meski ayah dan ibunya orang Indonesia.

“Semula pesertanya 500 murid SD dan SMP dari seluruh AS. Kemudian diambil 12 yang terbaik. Dari 12 murid yang terbaik karyanya itu, cucu saya nomor satu sehingga menjadi juara nasional AS,” ungkap Ahmad Sumargono dengan bangga. Menurut Ahmad Sumargono, hadiah yang diterima sebanyak 2.000 dollar AS, nantinya akan disumbangkan kepada Islamic Centre di Oregon AS, dimana Muhammad Al Fatih tinggal di salah satu negara bagian AS tersebut.

Tujuan dari event ini adalah untuk memacu motivasi minat para pelajar dalam mendalami ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika dengan memanfaatkan permainan komputer. Selain Fatih, ada 11 pelajar AS lainnya yang juga dinobatkan sebagai jawara dalam bidang technologi.. Mereka bersaing dengan 500 peserta lainnya, yang terdiri dari para pelajar grade 5-8 (tingkat SD dan SMP). Kemenangan Fatih yang masih berusia 12 tahun ini terasa lebih istimewa karena pengumuman para pemenang dilakukan langsung oleh Chief Technology Officer AS, Aneesh Chopra, di Washington, DC.

Fatih merupakan siswa grade 8 Homeschool di Beaverton, Oregon, AS. Ia mendesain dan memprogram game yang berjudul “Zuff’s Adventure”. Game ini didesain dengan menggunakan game maker software dengan bahasa pemrograman GML (Game Maker Language) yang menceritakan petualangan karakter bernama Zuff.

STEM Video Game Challenge sendiri disponsori oleh Entertainment Software Association, Microsoft dan The AMD Foundation serta berpartner dengan The Joan Ganz Cooney Center dan E-Line Me.

Rep: Abdul Halim

0 komentar:

Poskan Komentar