Today :

Not found what you looking for?:

Diposkan oleh PUTRA BETAWI

Published on Rabu, 27 April 2011

Pendaftaran Masuk PTN Dibuka Mulai 2 Mei


VIVAnews - Pendafataran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 akan dibuka empat hari lagi, atau mulai tanggal 2-24 Mei 2011. Pendaftaran dilakukan lewat online seperti tahun lalu dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan calon peserta.

Sekretaris Eksekutif SNMPTN panitia lokal Bandung Asep Gana Suganda mengungkapkan untuk calon peserta reguler SNMPTN harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu di Bank Mandiri untuk mendapatkan nomor identitas dan pin SNMPTN sepanjang 10 karakter.

Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu indentitas seperti KTP, SIM, paspor atau Kartu Keluarga, memilih lokasi ujian dan kode panitia lokal tempat peserta akan melaksanakan ujian dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki.

"Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri pembayaran hanya dapat dilakukan melalui loket atau internet banking. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran berupa nomor identitas calon peserta dan pin SNMPTN sepanjang 10 karakter," kata Asep Gana di Bandung, 27 April 2011.

Biaya pendafataran SNMPTN 2011 sebesar Rp 150 ribu untuk peserta kelompok ujian IPA atau IPS, Rp 175 ribu untuk kelompok ujian IPC dan Rp 150 ribu untuk ujian keterampilan bagi peserta yang memilih program studi yang mempersyaratkan ujian keterampilan.

Untuk menghindari antrean di loket bank dan server SNMPTN maka Untuk calon peserta lulusan UN/setara tahun 2009 dan 2010 wajib membeli PIN pada tanggal 2-9 Mei 2011, sedangkan jadwal pengisian formulir online pada tanggal 2-10 Mei 2011 hingga pukul 24.00 WIB.

Sedangkan untuk lulusan UN 2011 diperbolehkan membeli formulir dari 2-24 Mei 2011 dan mengisi formulir pendaftaran online pada 2-25 Mei 2011 hingga pukul 24.00 WIB. "PIN yang telah dibeli hanya dapat digunakan sekali untuk melakukan pendaftaran online dan PIN calon peserta hangus jika tidak digunakan untuk daftar online," ujar Asep.

Setelah melakukan pendaftaran online, para peserta akan mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran. Kartu tersebut jangan sampai hilang dan kartu tersebut meruakan salah satu persyaratan wajib yang dibawa peserta ketika pelaksanaan ujian tulis/keterampilan berlangsung.

Asep Gana memperingatkan agar calon peserta harus memasukkan pasfoto peserta yang sesuai ketentuan. Pasfoto yang diminta sebagai persyaratan SNMPTN 2011 adalah pasfoto berwarna yang biasa digunakan untuk dokumen resmi, 80 persen tampak wajah dan dengan pose formal. Ukuran pasfoto adalah 4x6 cm dengan besar maksimal 100 Kb, dengan format file JPG atau PNG.

"Kesalahan terbanyak pada SNMPTN tahun lalu berupa foto yang tidak sesuai aturan, singkatan nama yang tidak standar dan salah pilih program studi. Jadi seharusnya setiap calon peserta harus memikirkan baik-baik pilihan program studinya," katanya.

Untuk pelaksanaan SNMPTN 2011 ujian tertulis akan dilaksanakan pada Selasa 31 Mei 2011 untuk tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar (matematika dasar, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Rabu 1 Juni 2011 tes bidang studi IPA (matematika, biologi, kimia dan fisika) dan tes bidang studi IPS (sosiologi, sejarah, geografi dan ekonomi). Sedangkan pada 3-4 Juni 2011 akan diadakan ujian keterampilan.

"Hasil SNMPTN 2011 akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2011 dengan mengunjungi laman www.snmptn.ac.id atau melalui media massa."
• VIVAnews

0 komentar:

Poskan Komentar